Langsung ke konten utama

cartini's day

 
     Pada tanggal 21 April 2014 SMK Negeri 1 Kedawung memperingati Hari Kartini sebagai wujud penghargaan dan partisipasi Pahlawan wanita yang bernama Raden Ajeng Kartini . Di dalam acara yang memperingati Hari Kartini ini diadakan berbagai macam perlombaan dan bazar . para pria dan wanita siswa siswi SMK N 1 kedawung berdandan seperti jaman dahulu,  Bazar menggunakan transaksi kupon yang dibeli seharga nilai tukar barang, dengan menggunakan media kupon sebagai alat transaksi pengganti uang . Sebelum membahas ebih jauh alangkah baiknya kita mengetahui biografi Raden Ajeng Kartini .
 

   


      Raden Ajeng Kartini alias R.A Kartini lahir di Jepara 21 April 1879 Jawa Tengah , ayahnya bernama Raedn Mas Adipati Ario Sosroningratdan ibunya bernama M.A Ngasirah . Raden Ajeng Kartini meninggal di Rembang Jawa Tengah 17 Septembet 1904 pada usia 25 tahun . Beliau dalah seorang suku Jawadan Pahlawan Nasional Indonesia . Yang dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi . Anak ke 5 dari 11 bersaudara ini adalah sosok wanita yang sangat antusiasdengan pendidikan dan ilm pengetahuan . Raden Ajeng Kartini sangat gemar membaca dan menulis , tetapi orang tuanya mengharuskan Raden Ajeng Kartini menimba ilmu hanya sampai sekolah dasar karena harus dipingit . Raden Ajeng Kartini menikah pada 12 November 1903dengan Raden Adipati Joyodiningrat yang pernah menikah tiga kali , perjuangan Raden Ajeng Kartini tidak berhenti setelah menikah , Raden Ajeng Kartini memiliki suami yang mendukung akan citi-citanya untuk memperjuangkan pendidikan dan martabat kaum perempuan . Setelah Raden Ajeng Katini mulai memperjuangkan untuk didirikannya sekolah Kartini pada taun 1912 di Semarang , pendirian sekolah wanita tersebut berlanju di Surabaya, Yogyakarta ,Malang, Madin , Cirebon dan adapun yayasan Kartini sendiri didirikan oleh keluarga Van Deventer dan tokoh politiketis Raden Ajeng Kartni meninggal selang beberapa hari etelah melahirkan anak pertama yang bernama Raden Mas Soesalit pada 13 September 1904 tepatnya empat setelah keahiran Raden Mas Soesalit pada usia 25 tahun . Setelah kematian Raden Ajeng Kartini eorang Menteri Kebudayaan , Agama , dan Kerajian Hindia mulai membubarkan surat meyurat Raden  Ajeng Kartini .  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKOLAH

  SMK N 1 kedawung, tepatnya di kab.cirebon. Jln.Tuparev No12, di sinilah aku berbersekolah, aku duduk di kelas 1 SMK, bidang keahlian Business management, Majors Marketing. Aku sangat bangga bersekolah disini, karna sesuai dengan minat dan bakat ku.   SMKN 1 KEDAWUNG memiliki banyak Extrakurikuler. Extrakurikuler di SMKN 1 KEDAWUNG banyak berprestasi terutama di Excul Paskibranya yang terkenal bagus dan banyak memenangkan perlombaan-perlombaan Paskibra antar sekolah baik di Cirebon maupun di luar daerah Cirebon atau lebih tepatnya di luar kota.