BAB 5
ANALISIS
PASAR
A.
PENGERTIAN DAN TUJUAN ANALISA PASAR
Sebelum membahas
analisis pasar, terlebih dahulu kita perlu mengetahui pengertian analisis dan
pengertian pasar. Analisis asal dari analysis (bahasa Inggris) yang mengandung
pengertian memisahkan, pemeriksaan, yang teliti dan pada hakekatnya adalah
penyelenggaraan mempelajari berbagai masalah pasar. Sedangkan yang dimaksud
dengan pasar adalah merupakan arena atau tempat pertukaran dalam bentuk fisik
atau tidak, sebagai tempat berkumpulnya
atau bertemunya para penjual dan pembeli yang memungkinkan terlaksananya
pertukaran.
Dengan perkataan
lainnya pasar itu adalah keseluruhan permintaan dan penawaran akan sesuatu
barang atau jasa. Sehingga kemampuan hidup perusahaan itu bukan ditentukan oleh besarnya modal, melainkan oleh ada
tidaknya pasar bagi barang atau jasa dari hasil produksi. Sekarang apa yang
dimaksud dengan analisis pasar? Analisis
pasar adalah suatu penganalisisan atau penyelenggaraan untuk mempelajari
berbagai masalah pasar. Analisis pasar akan menyangkut lokasi pasar, luasnya
pasar, sifatnya pasar dan karakteristik pasar.
Maka dari itu
seorang pengusaha, khususnya manajer pemasaran, yang ingin memajukan usaha
perusahaannya, terlebih dahulu harus mampu menganalisis pasar dengan secara
seksama dan teliti. Dengan perkataan lainnya, keberhasilan usaha perusahaan
dapat ditentukan oleh ketepatan strategi pemasaran yang diterapkannya dengan
dasar memperhatikan situasi dan kondisi dari analisis pasarnya. Didalam
menganalisis pasar, perusahaan perlu meninjau jenis pasar produknya, motif dan
perilaku, segmen pasar dan penentuan sasaran pasarnya. Masalah yang perlu
dianalisis didalam pasar adalah besarnya pasar, ruang lingkup pasar, struktur
pasar, serta peluang-peluang pasar.
Mengenai
besarnya pasar dapat ditentukan oleh besarnya permintaan dan penawaran terhadap
barang atau jasa yang dibutuhkan para konsumen. Sedangkan mengenai ruang
lingkup pasar, biasanya mencakup luasnya pasar, misalnya luas pasar menurut
geografis, pendidikan para konsumen, profesi para konsumen, tingkat umur para
konsumen, dan lain sebagainya. Sebagaimana kita ketahui, didalam masalah
analisis pasar selalu berhubungan dengan masalah struktur pasar. Apa yang
dimaksud dengan struktur pasar itu? Struktur pasar adalah susunan suatu
kekuatan yang terdapat pada penjual, maupun pada pihak pembeli sendiri. Jangan
lupa, bahwa didalam analisis pasar selalu menyangkut masalah letak (lokasi) pasar,
periklanan, luasnya pasar, sifat-sifat pasar, dan karakteristik pasar.
Oleh karena itu,
seorang manajer pemasaran didalam menentukan keputusan-keputusan usahanya dalam bidang pemasaran barang dan
jasa, terlebih dahulu perlu mengadakan analisis pasar. Mengapa manajer
pemasaran perlu melaksanakan analisis pasar? Melaksanakan analisis pasar itu
sangat penting sekali, karena mempunyai tujuan tertentu yaitu untuk:
1.
Mengenal lingkungan pasar,
2.
Mengenal
tipe-tipe pasar,
3.
Mengetahui
karakteristik pasar,
4.
Menentukan
keputusan yang tepat,
5.
Menghadapi
para pesaing,
6.
Melaksanakan
kebijakan dalam pemasaran,
7.
Membuat
program dalam bidang pemasaran, dan
8.
Mengenal
ciri-ciri pasar.
Aktivitas
Setelah
mempelajari masalah Analisis pasar, sekarang cobalah mengerjakan soal-soalnya
dengan sebaik-baiknya dan benar.
1. Jelasakan:
a. Apa yang
dimaksud dengan analisis?
b. Apa yang dimaksud
dengan pasar?
c. Apa yang
dimaksud dengan analisis pasar?
2. Mengapa perusahaan yang ingin berhasil didalam usahanya,
terlebih dahulu perlu mengadakan
analisis pasar?
3. Apa yang dimaksud dengan struktur pasar? Coba jelaskan?
B. RUANG LINGKUP ANALISIS PASAR
Pengambilan
suatu keputusan tentang produk yang akan dipasarkan oleh perusahaan, diawali
dengan adanya analisis pasar. Dalam hal ini, analisis pasar adalah merupakan
bagian integral pada prosedur yang sedang dijalankan oleh perusahaan. Dengan
adanya analisis pasar, akan memberikan kemungkinan para manajer pemasaran unuk
mengidentifikasikan kebutuhan dan keinginan para konsumen/para pembeli barang
dan jasa. Selain itu, dengan adanya analisis pasar akan membuka kesempatan bagi
manajer pemasaran untuk memperkenalkan barang baru atau untuk mengubah,
memperbaiki, melengkapi barang yang dibuatnya.
Ruang lingkup
analisis pasar, pada dasarnya mencakup permasalahan tentang:
1.
Pengumpulan
data dan fakta yang berhubungan dengan bidang pemasaran.
2.
Penafsiran
data dan fakta yang berhubungan dengan bidang pemasaran.
3.
Penyimpulan
data dan fakta yang berhubungan dengan bidang pemasaran.
4.
Penegndalian
dalam bidang pemasaran.
Sedangkan secara
umum, ruang lingkup analisis pasar itu mencakup permasalahan tentang:
1. Barang dan jasa yang dipasarkan
Barang-barang dan jasa yang
diproduksi oleh perusahaan, berdasarkan analisis pasar yaitu:
a. Jenis dan sifat barang,
b. Kuantitas dan kualitas barang,
c. Warna dan ukuran barang,
d. Merek dan harga barang,
e. Desain dan model barang,
f.
Barang-barang
industri dan konsumsi.
2. Tujuan analisis pasar
Tujuan mengadakan analisis pasar
adalah ingin mengetahui, siapa-siapa yang memakai, menggunakan barang dan jasa,
apakah barang-barang tersebut untuk dikonsumsi ssendiri atau dijual kembali.
3. Letak pasar, sifat dan karakteristik pasar
Seorang manajer pemasaran harus
mengetahui tentang letak pasar, berikut sifat dan karakteristik pasar yang akan
dituju. Dalam hal ini, agar manajer pemasaran memudahkan melaksanakan target
market, market strategy dan segmentasi pasar.
4. Organisasi pembelian
Disini, seorang manajer pemasaran
harus mengetahui siapa yang membeli barang, siapa yang menggunakan barang,
siapa yang paling berpengaruh didalam pembelian barang dan lain sebagainya.
5. Kegiatan pembelian
Didalam kegiatan pembelian, meliputi
dari siapa pembelian barang dilakukan, dimana pembelian barang dilakukan,
berapa harganya barang, berapa banyaknya barang yang dibeli, bagaimana
persyaratan didalam pembelian barang, dan bagaimana cara pembeliannya.
6. Perkembamgan pembelian
Didalam analisis pasar, perusahaan
harus mengetahui bagaimana perkembangan harganya barang, bagaimana
persediaannya barang, bagaimana keadaan
persaingannya, bagaimana keadaan permintaan dan penawarannya.
7. Saingan perusahaan
Didalam analisis pasar, perusahaan
harus mengetahui keadaan persaingannya, apakah ada saingan yang melakukan
tindakan mengejutkan atau adakah saingan yang tidak sehat.
8. Pola pembelian
Didalam anaisis pasar, perusahaan
perlu mengetahui dan mengaji kebutuhan dan keinginan, serta pola pembeliannya.
Seperti kita ketahui bahwa pola pembelian para konsumen dipasar sangat
berbeda-beda.
Perencnaan pemasaran perusahaan
sangat penting sekali bagi keberhasilan jangka panjang perusahaan dan sama
pentingnya untuk para manajer pemasaran
yang mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Begitu pula mengenai
analisis pasar adalah sangat penting didalam menentukan suatu keputusan yang
efektif didalam bidang pemasaran.
Jika kita telaah, sebenarnya ruang
lingkup analisis pasar itu cukup luas sekali, akan tetapi yang dibahas didalam
Bab5, hanya yang perlu atau yang dianggap penting saja.
Aktivitas
Kerjakanlah soal-soal di bawah ini dengan sebaik-baiknya dan benar.
1. Apa sebabnya analisis pasar itu perlu
dijalankan oleh setiap perusahaan?
2. Apakah analisis pasar itu sama dengan
konsep pemasaran?
3. Menyangkut masalah apa saja di dalam analisis
pasar itu?
4. Metode yang bagaimana yang dianggap
paling baik untuk meneyelenggarakan analisis pasar itu?
C. LANGKAH-LANGKAH DALAM ANALISIS PASAR
Seperti kita
ketahui bahwa perusahaan yang berhasil didalam memajukan usahanya adalah
perusahaan yang mampu melaksanakan analisis pasar. Apa sebabnya? Dalam masalah
ini, disebabkan analisis pasar itu adalah merupakan taktik atau strategi di
dalam usaha memajukan usaha pemasaran barang dan jasa. Analisis pasar merupakan
konsep pemasaran yang berorientsi kepada
kepentingan para konsumen atau berorientasi pada pasar sasaran (target marketing).
Didalam pokok
bahasan Bab 5 ini, diuraikan pendekatan lima langkah yang dipergunakan untuk
melaksanakan analisis pasar, berikut beberapa metode dan pedomannya. Adapun
langkah-langkah di dalam analisis pasar itu adalah sebagai berikut:
1. Menguraikan struktur produk pasar
Disini, seorang manajer pemasaran harus
dapat menguraikan struktur produk pasar
dengan menganalisis sasaran produk (target product) dan susunan produk
yang tersedia cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan para konsumen di pasaran.
2. Mendefinisikan pasar yang relevan
Disini, seorang manajer pemasaran
harus mengetahui struktur produk pasar secara keseluruhan, kemudian manajer
pemasaran tersebut harus dapat mendefinisikan perangkat pesaing perusahaan yang
paling relevan atau potensial.
3. Menganalisis kebebutuhan primer untuk pasar yang relevan
Pada langkah ini, seorang manajer
pemasaran harus dapat mencoba untuk memahami proses pembelian produk untuk
semua merek.
4. Menganalisis kebutuhan selektif dalam pasar yang relevan
Dalam langjah ini, seorang manajer
pemasaran harus dapat membahas proses para pembeli di dalam pembelian produk
dan harus menentukan merek dalam batas-batas pasar yang relevan. Untuk
memeriksa perbedaan-perbedaan, kebiasaan-kebiasaan para pembeli di dalam pola
pembeliannya, maka seorang manajer pemasaran harus menerapkan strategi segmentasi
pasar.
5. Menganalisis pasar target potensial
Di dalam langkah terakhir ini,
seorang manajer pemasaran harus membahas, mencari sumber informasi di bidang
pemasaran dari langakah-langkah untuk mengenali pasar yang potensial.
Untuk
melaksanakan kelima langkah di dalam menganalisis pasar tersebut, seorang
manajer pemasaran harus bisa menjawab atau mendapatkan jawaban tentang:
1.
Berapa
besarnya dan luasnya ukuran pasar tersebut?
2.
Bagaimana
prospek pertumbuhannya pasar tersebut?
3.
Apakah
para pembeli dalam pasar menilai adanya pesaing serta dapat memberikan manfaat
dalam tingkat yang diinginkannya?
4.
Apakah
cukup banyak pilihan produk dan mereknya?
5.
Apakah
ada kesulitan dalam pemasaran produk, serta mereknya sudah terbentuk?
6.
Apakah
kebutuhan suatu segmen pasar terpenuhi atau tidak?
7.
Apakah
sejumlah para pembeli potensial tidak bersedia atau tidak mampu membeli produk
tersebut?
Dengan
menentukan pasar yang relevan, maka seorang manajer pemasaran sudah dapat
mengidentifikasikan perangkat produk dan jasa yang paling relevan, dimana
proses pembeliannya terhadap produk perlu dianalisis. Jika para manajer
pemasaran dapat melaksanakan analisis terhadap kebutuhan primer, maka ia akan
dapat mempelajari tentang mengapa dan bagaimana para pembeli/para pelanggan
membeli produk, serta siapa-siapa saja para pembeli yang berada di pasar
relevan tersebut.
Mengapa
kebutuhan primer perlu dianalisis? Dalam
hal ini, alasannya adalah untuk dapat mengenali peluang pertumbuhan dan
tindakan-tindakan yang harus diambil guna memanfaatkan peluang usaha yang baik
di bidang pemasaran. Dengan perkataan lainnya, seorang manajer pemasaran dengan
mengenali para pembeli potensial akan mengetahui akan kebutuhan bentuk produk
yang diinginkannya. Disini, ada tiga macam karakteristik yang paling penting
guna mengenali para pembeli yang membutuhkan bentuk produk di pasaran, yaitu:
1. Lokasi
Disini, tingkat pembelian para
pembeli terhadap bentuk produk, sangat dipengaruhi oleh lokasi atau
tempat/wilayah berikut iklimnya, kepadatan penduduknya, tradisinya dan
faktor-faktor lainnya.
Komentar
Posting Komentar