Langsung ke konten utama


 BAB 5                                        


 ANALISIS PASAR

A.    PENGERTIAN DAN TUJUAN ANALISA PASAR
       Sebelum membahas analisis pasar, terlebih dahulu kita perlu mengetahui pengertian analisis dan pengertian pasar. Analisis asal dari analysis (bahasa Inggris) yang mengandung pengertian memisahkan, pemeriksaan, yang teliti dan pada hakekatnya adalah penyelenggaraan mempelajari berbagai masalah pasar. Sedangkan yang dimaksud dengan pasar adalah merupakan arena atau tempat pertukaran dalam bentuk fisik atau tidak, sebagai tempat  berkumpulnya atau bertemunya para penjual dan pembeli yang memungkinkan terlaksananya pertukaran.
       Dengan perkataan lainnya pasar itu adalah keseluruhan permintaan dan penawaran akan sesuatu barang atau jasa. Sehingga kemampuan hidup perusahaan itu bukan ditentukan  oleh besarnya modal, melainkan oleh ada tidaknya pasar bagi barang atau jasa dari hasil produksi. Sekarang apa yang dimaksud dengan analisis pasar?  Analisis pasar adalah suatu penganalisisan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah pasar. Analisis pasar akan menyangkut lokasi pasar, luasnya pasar, sifatnya pasar dan karakteristik pasar.
       Maka dari itu seorang pengusaha, khususnya manajer pemasaran, yang ingin memajukan usaha perusahaannya, terlebih dahulu harus mampu menganalisis pasar dengan secara seksama dan teliti. Dengan perkataan lainnya, keberhasilan usaha perusahaan dapat ditentukan oleh ketepatan strategi pemasaran yang diterapkannya dengan dasar memperhatikan situasi dan kondisi dari analisis pasarnya. Didalam menganalisis pasar, perusahaan perlu meninjau jenis pasar produknya, motif dan perilaku, segmen pasar dan penentuan sasaran pasarnya. Masalah yang perlu dianalisis didalam pasar adalah besarnya pasar, ruang lingkup pasar, struktur pasar, serta peluang-peluang pasar.
       Mengenai besarnya pasar dapat ditentukan oleh besarnya permintaan dan penawaran terhadap barang atau jasa yang dibutuhkan para konsumen. Sedangkan mengenai ruang lingkup pasar, biasanya mencakup luasnya pasar, misalnya luas pasar menurut geografis, pendidikan para konsumen, profesi para konsumen, tingkat umur para konsumen, dan lain sebagainya. Sebagaimana kita ketahui, didalam masalah analisis pasar selalu berhubungan dengan masalah struktur pasar. Apa yang dimaksud dengan struktur pasar itu? Struktur pasar adalah susunan suatu kekuatan yang terdapat pada penjual, maupun pada pihak pembeli sendiri. Jangan lupa, bahwa didalam analisis pasar selalu menyangkut masalah letak (lokasi) pasar, periklanan, luasnya pasar, sifat-sifat pasar, dan karakteristik pasar.
      Oleh karena itu, seorang manajer pemasaran  didalam  menentukan keputusan-keputusan  usahanya dalam bidang pemasaran barang dan jasa, terlebih dahulu perlu mengadakan analisis pasar. Mengapa manajer pemasaran perlu melaksanakan analisis pasar? Melaksanakan analisis pasar itu sangat penting sekali, karena mempunyai tujuan tertentu yaitu untuk:
1.      Mengenal  lingkungan pasar,
2.      Mengenal tipe-tipe pasar,
3.      Mengetahui karakteristik pasar,
4.      Menentukan keputusan yang tepat,
5.      Menghadapi para pesaing,
6.      Melaksanakan kebijakan dalam pemasaran,
7.      Membuat program dalam bidang pemasaran, dan
8.      Mengenal ciri-ciri pasar.
                                                                                                                                 
Aktivitas
       Setelah mempelajari masalah Analisis pasar, sekarang cobalah mengerjakan soal-soalnya dengan sebaik-baiknya dan benar.
1. Jelasakan:
    a. Apa yang dimaksud dengan analisis?                                                                                                  
    b. Apa yang dimaksud dengan pasar?
    c. Apa yang dimaksud dengan analisis pasar?
2. Mengapa perusahaan yang ingin berhasil didalam usahanya, terlebih dahulu perlu    mengadakan analisis pasar?
3. Apa yang dimaksud dengan struktur pasar? Coba jelaskan?

B.      RUANG LINGKUP ANALISIS PASAR
       Pengambilan suatu keputusan tentang produk yang akan dipasarkan oleh perusahaan, diawali dengan adanya analisis pasar. Dalam hal ini, analisis pasar adalah merupakan bagian integral pada prosedur yang sedang dijalankan oleh perusahaan. Dengan adanya analisis pasar, akan memberikan kemungkinan para manajer pemasaran unuk mengidentifikasikan kebutuhan dan keinginan para konsumen/para pembeli barang dan jasa. Selain itu, dengan adanya analisis pasar akan membuka kesempatan bagi manajer pemasaran untuk memperkenalkan barang baru atau untuk mengubah, memperbaiki, melengkapi barang yang dibuatnya.
       Ruang lingkup analisis pasar, pada dasarnya mencakup permasalahan tentang:
1.      Pengumpulan data dan fakta yang berhubungan dengan bidang pemasaran.
2.      Penafsiran data dan fakta yang berhubungan dengan bidang pemasaran.
3.      Penyimpulan data dan fakta yang berhubungan dengan bidang pemasaran.
4.      Penegndalian dalam bidang pemasaran.

       Sedangkan secara umum, ruang lingkup analisis pasar itu mencakup permasalahan tentang:
1.      Barang dan jasa yang dipasarkan 
Barang-barang dan jasa yang diproduksi oleh perusahaan, berdasarkan analisis pasar yaitu:
a.      Jenis dan sifat barang,
b.      Kuantitas dan kualitas barang,
c.       Warna dan ukuran barang,
d.      Merek dan harga barang,
e.      Desain dan model barang,
f.        Barang-barang industri dan konsumsi.
2.      Tujuan analisis pasar
Tujuan mengadakan analisis pasar adalah ingin mengetahui, siapa-siapa yang memakai, menggunakan barang dan jasa, apakah barang-barang tersebut untuk dikonsumsi ssendiri atau dijual kembali.
3.      Letak pasar, sifat dan karakteristik pasar
Seorang manajer pemasaran harus mengetahui tentang letak pasar, berikut sifat dan karakteristik pasar yang akan dituju. Dalam hal ini, agar manajer pemasaran memudahkan melaksanakan target market, market strategy dan segmentasi pasar.
4.      Organisasi pembelian
Disini, seorang manajer pemasaran harus mengetahui siapa yang membeli barang, siapa yang menggunakan barang, siapa yang paling berpengaruh didalam pembelian barang dan lain sebagainya.
5.      Kegiatan pembelian
Didalam kegiatan pembelian, meliputi dari siapa pembelian barang dilakukan, dimana pembelian barang dilakukan, berapa harganya barang, berapa banyaknya barang yang dibeli, bagaimana persyaratan didalam pembelian barang, dan bagaimana cara pembeliannya.

6.      Perkembamgan pembelian
Didalam analisis pasar, perusahaan harus mengetahui bagaimana perkembangan harganya barang, bagaimana persediaannya barang, bagaimana keadaan  persaingannya, bagaimana keadaan permintaan dan penawarannya.
7.      Saingan perusahaan
Didalam analisis pasar, perusahaan harus mengetahui keadaan persaingannya, apakah ada saingan yang melakukan tindakan mengejutkan atau adakah saingan yang tidak sehat.
8.      Pola pembelian   
Didalam anaisis pasar, perusahaan perlu mengetahui dan mengaji kebutuhan dan keinginan, serta pola pembeliannya. Seperti kita ketahui bahwa pola pembelian para konsumen dipasar sangat berbeda-beda.
Perencnaan pemasaran perusahaan sangat penting sekali bagi keberhasilan jangka panjang perusahaan dan sama pentingnya untuk para manajer pemasaran  yang mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Begitu pula mengenai analisis pasar adalah sangat penting didalam menentukan suatu keputusan yang efektif didalam bidang pemasaran.
Jika kita telaah, sebenarnya ruang lingkup analisis pasar itu cukup luas sekali, akan tetapi yang dibahas didalam Bab5, hanya yang perlu atau yang dianggap penting saja.

Aktivitas
       Kerjakanlah soal-soal di bawah ini dengan sebaik-baiknya dan benar.
1.      Apa sebabnya analisis pasar itu perlu dijalankan oleh setiap perusahaan?
2.      Apakah analisis pasar itu sama dengan konsep pemasaran?
3.       Menyangkut masalah apa saja di dalam analisis pasar itu?
4.      Metode yang bagaimana yang dianggap paling baik untuk meneyelenggarakan analisis pasar itu?

C.      LANGKAH-LANGKAH DALAM ANALISIS PASAR
       Seperti kita ketahui bahwa perusahaan yang berhasil didalam memajukan usahanya adalah perusahaan yang mampu melaksanakan analisis pasar. Apa sebabnya? Dalam masalah ini, disebabkan analisis pasar itu adalah merupakan taktik atau strategi di dalam usaha memajukan usaha pemasaran barang dan jasa. Analisis pasar merupakan konsep pemasaran yang berorientsi  kepada kepentingan para konsumen atau berorientasi pada pasar sasaran  (target marketing).
       Didalam pokok bahasan Bab 5 ini, diuraikan pendekatan lima langkah yang dipergunakan untuk melaksanakan analisis pasar, berikut beberapa metode dan pedomannya. Adapun langkah-langkah di dalam analisis pasar itu adalah sebagai berikut:
1.      Menguraikan struktur produk pasar
Disini, seorang manajer pemasaran harus dapat menguraikan struktur produk pasar  dengan menganalisis sasaran produk (target product) dan susunan produk yang tersedia cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan para konsumen di pasaran.
2.      Mendefinisikan pasar yang relevan
Disini, seorang manajer pemasaran harus mengetahui struktur produk pasar secara keseluruhan, kemudian manajer pemasaran tersebut harus dapat mendefinisikan perangkat pesaing perusahaan yang paling relevan atau potensial.
3.      Menganalisis kebebutuhan primer untuk pasar yang relevan
Pada langkah ini, seorang manajer pemasaran harus dapat mencoba untuk memahami proses pembelian produk untuk semua merek.
4.      Menganalisis kebutuhan selektif dalam pasar yang relevan
Dalam langjah ini, seorang manajer pemasaran harus dapat membahas proses para pembeli di dalam pembelian produk dan harus menentukan merek dalam batas-batas pasar yang relevan. Untuk memeriksa perbedaan-perbedaan, kebiasaan-kebiasaan para pembeli di dalam pola pembeliannya, maka seorang manajer pemasaran harus menerapkan strategi segmentasi pasar.
5.      Menganalisis pasar target potensial
Di dalam langkah terakhir ini, seorang manajer pemasaran harus membahas, mencari sumber informasi di bidang pemasaran dari langakah-langkah untuk mengenali pasar yang potensial.

       Untuk melaksanakan kelima langkah di dalam menganalisis pasar tersebut, seorang manajer pemasaran harus bisa menjawab atau mendapatkan jawaban tentang:
1.      Berapa besarnya dan luasnya ukuran pasar tersebut?
2.      Bagaimana prospek pertumbuhannya pasar tersebut?
3.      Apakah para pembeli dalam pasar menilai adanya pesaing serta dapat memberikan manfaat dalam tingkat yang diinginkannya?
4.      Apakah cukup banyak pilihan produk dan mereknya?
5.      Apakah ada kesulitan dalam pemasaran produk, serta mereknya sudah terbentuk?
6.      Apakah kebutuhan suatu segmen pasar terpenuhi atau tidak?
7.      Apakah sejumlah para pembeli potensial tidak bersedia atau tidak mampu membeli produk tersebut?

       Dengan menentukan pasar yang relevan, maka seorang manajer pemasaran sudah dapat mengidentifikasikan perangkat produk dan jasa yang paling relevan, dimana proses pembeliannya terhadap produk perlu dianalisis. Jika para manajer pemasaran dapat melaksanakan analisis terhadap kebutuhan primer, maka ia akan dapat mempelajari tentang mengapa dan bagaimana para pembeli/para pelanggan membeli produk, serta siapa-siapa saja para pembeli yang berada di pasar relevan tersebut.
       Mengapa kebutuhan primer perlu dianalisis?  Dalam hal ini, alasannya adalah untuk dapat mengenali peluang pertumbuhan dan tindakan-tindakan yang harus diambil guna memanfaatkan peluang usaha yang baik di bidang pemasaran. Dengan perkataan lainnya, seorang manajer pemasaran dengan mengenali para pembeli potensial akan mengetahui akan kebutuhan bentuk produk yang diinginkannya. Disini, ada tiga macam karakteristik yang paling penting guna mengenali para pembeli yang membutuhkan bentuk produk di pasaran, yaitu:
1.      Lokasi
Disini, tingkat pembelian para pembeli terhadap bentuk produk, sangat dipengaruhi oleh lokasi atau tempat/wilayah berikut iklimnya, kepadatan penduduknya, tradisinya dan faktor-faktor lainnya.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKOLAH

  SMK N 1 kedawung, tepatnya di kab.cirebon. Jln.Tuparev No12, di sinilah aku berbersekolah, aku duduk di kelas 1 SMK, bidang keahlian Business management, Majors Marketing. Aku sangat bangga bersekolah disini, karna sesuai dengan minat dan bakat ku.   SMKN 1 KEDAWUNG memiliki banyak Extrakurikuler. Extrakurikuler di SMKN 1 KEDAWUNG banyak berprestasi terutama di Excul Paskibranya yang terkenal bagus dan banyak memenangkan perlombaan-perlombaan Paskibra antar sekolah baik di Cirebon maupun di luar daerah Cirebon atau lebih tepatnya di luar kota.